Mohamed Salah, Nyawa Produktivitas Liverpool

0
184

Mohamed Salah memang berulang kali jadi pahlawan kemenangan Liverpool di laga-laga krusial. Baru-baru ini Mohamed Salah sukses mencetak dua gol yang membantu Liverpool mengalahkan Crystal Palace (4-3) pada pekan ke-23 Premier League 2018/19, Sabtu (19/1) lalu. Dua gol tersebut memang begitu penting membantu Liverpool mengamankan kemenangan.

Mengutip Sky Sports, Senin (21/1/2019) dua gol Salah itu ternyata juga membantunya mencatatkan torehan 50 gol di Premier League. Dia suksDunia pun seakan mulai kehabisan kata-kata untuk mendeskripsikan sepak terjang Mohamed Salah bersama Liverpool saat ini.es melakukannya hanya dalam dua musim membela Liverpool.
Mohamed Salah didatangkan Liverpool dari AS Roma pada musim panas ini. Eks pemain Chelsea itu langsung bermain brilian. Mantan gelandang Liverpool, Don Hutchinson, mengaku kagum dengan sepak terjang Mohamed Salah musim ini. Ia bahkan menilai pemain asal Mesir itu sebagai transfer terbaik di Liga Inggris untuk musim 2017/2018.

"Salah mungkin telah menjadi transfer musim panas terbaik. Orang-orang mungkin akan berargumen bahwa itu Alvaro Morata (Chelsea), yang juga bermain baik," kata Hutchinson seperti dilansir Soccerway oleh Bola.net

"Saya banyak menonton Salah di Roma tahun lalu dan selain Radja Nainggolan, dia adalah pemain terbaik mereka. Tapi untuk langsung menyatu dengan tim dan mencetak 23 gol di semua kompetisi, sungguh menakjubkan." lanjutnya
Pemain asal Mesir tersebut kini membukukan 36 gol pada kampanye debut. Tidak ada pemain yang mampu menyumbang sebanyak itu dalam musim pertamanya di Anfield. Dia menyalip Fernando Torres yang merobek gawang lawan 33 kali musim 2007/2008.

Salah mengikuti jejak John Barnes (vs Queens Park Rangers, Oktober 1987), Steven Gerrard (vs Olympiakos, Desember 2004), Robbie Fowler (Fulham, Oktober 1993), dan Luis Suarez (vs Norwich City, Desember 2013), sebagai penggawa Liverpool yang menciptakan empat gol dalam satu pertandingan.

Dia juga menjadi pemain ke-26 yang menorehkan quatrick di Liga Inggris.Salah berpotensi bisa menjadi pemain tersubur sepanjang masa Liverpool dalam satu kampanye. Saat ini status tersebut dipegang Ian Rush yang membukukan 47 gol pada 1983/1984. Salah dapat mengejar memanfaatkan laga tersisa.

Klub Merseyside itu masih akan banyak melakoni laga di Liga Inggris. Salah juga hampir pasti menyalip Didier Drogba sebagai pemain Afrika paling produktif. Drogba mencatat 29 gol bersama Chelsea pada 2009/2010.

Salah merupakan pemain keempat tercepat yang berhasil membukukan 50 gol di Premier League. Dia hanya kalah dari Andy Cole, Alan Shearer, dan Ruud van Nistelrooy. Salah mencetak 50 gol tersebut dalam 72 penampilan, catatan yang sama dengan Fernando Torres.

Torehan Salah itu juga lebih cepat daripada Sergio Aguero (81 penampilan) dan Thierry Henry (83 penampilan). Adapun dari 50 gol tersebut, Salah mencetak 48 di antaranya bersama Liverpool, sedangkan dua gol lainnya dia bikin ketika membela Chelsea pada musim 2013/14.
Salah memang tampil impresif hampir sepanjang 2018. Eks pemain Roma itu sukses mencetak total 44 gol di level klub maupun internasional.

Selain itu, pemain berusia 26 tahun tersebut sukses mengakhiri musim pertamanya membela Liverpool dengan menyabet gelar top skor Premier League musim 2017-18 dengan koleksi 32 gol.

Salah sukses membawa Liverpool melaju hingga partai final Liga Champions musim lalu. Sayang The Reds harus takluk dari Real Madrid di laga puncak.

Badan sepak bola Eropa UEFA baru saja mengumumkan daftar UEFA Team of the Year alias tim terbaik edisi 2018. Tak ada nama bintang Liverpool, Mohamed Salah dalam daftar ini. Tim terbaik ini ditentukan berdasarkan voting yang dilakukan secara online di laman resmi UEFA sejak Desember lalu. Voting ini diikuti oleh lebih dari 85 ribu pengguna dari seluruh dunia.

Dua nama yang menjadi langganan tim terbaik, Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi mengisi lini depan tim ini bersama Kylian Mbappe. Sementara pemain terbaik Eropa dan peraih Ballon dOr 2018, Luka Modric ada di sektor gelandang.

Menariknya, pemain yang berandil besar membawa Liverpool ke partai final Liga Champions musim lalu, Mohamed Salah tak masuk dalam skuat terbaik ini. Liverpool hanya diwakili satu pemain, yakni bek Virgil van Dijk.

Sumber : Bola.com

Kembali ke Halaman Utama

Soccer Girls

Follow Bolashow

16,243 Fans Like
0 Subscribers +1
2FollowersFollow
4FollowersFollow
0SubscribersSubscribe

Adv.