Di Luar Ekspektasi, Jumlah Penalti di Serie A Menurun Karena VAR

0
221

Milan - Kehadiran Video Assistant Referee, atau disingkat VAR, diyakini akan membuat jumlah penalti di Serie A meningkat. Namun faktanya, jumlah penalti yang diberikan wasit justru mengalami penurunan drastis ketimbang musim kemarin.

VAR mulai menarik perhatian publik setelah digunakan oleh dua kompetisi besar Eropa, Serie A dan Bundesliga, di musim 2017-2018. Walau demikian, kontribusi teknologi tersebut dalam pertandingan masih menjadi bahan perdebatan hingga sekarang.

Nama VAR benar-benar terlekat di benak publik semenjak digunakan pada kompetisi bergengsi Internasional, Piala Dunia 2018. Meski menuai banyak polemik, namun La Liga (Spanyol) dan Ligue 1 (Prancis) tetap teguh untuk menerapkannya di musim ini.

Jumlah Penalti Serie A Menurun

Dengan adanya VAR, publik pun berekspektasi bahwa jumlah penalti yang diberikan wasit pada musim ini akan mengalami peningkatan ketimbang sebelumnya. Sebab, wasit bisa membuat keputusan dengan pertimbangan yang lebih jelas.

Namun justru sebaliknya, angka penalti pada musim ini justru mengalami penurunan. Opta merilis statistik untuk membandingkan jumlah penalti di Serie A pada musim ini dan kemarin hingga pekan ke-17.

Pada musim 2017-2018 lalu, Opta mengatakan bahwa wasit Serie A memberikan 70 penalti hingga pekan ke-17. Namun pada titik yang sama di musim ini, wasit baru menghadiahkan penalti sebanyak 45 saja, menurun 25 penalti ketimbang musim lalu.

Pengembangan VAR

VAR mungkin masih memiliki banyak kekurangan. Namun pihak pengembang selalu mencoba untuk memperbaiki teknologi tersebut di setiap tahunnya.

Contoh yang nyata terjadi pada pagelaran Piala Dunia 2018 kemarin. Selain dibantu oleh layar di pinggir lapangan, wasit juga mendapat bantuan dari asisten wasit yang memantau jalannya pertandingan dari beberapa layar di sebuah ruangan khusus.

Untuk musim ini sendiri, insiden yang terekam dalam VAR bisa dilihat oleh seantero penonton di sekeliling lapangan. Tayangan ulang yang disaksikan oleh wasit juga disiarkan melalui sebuah layar besar yang tersedia.

Meski terus diperdebtkan, namun berbagai kompetisi bergengsi dari tiap belahan Eropa perlahan mulai bisa menerima teknologi tersebut. UEFA yang cukup gencar menyatakan penolakannya akhirnya menolak dan akan menerapkan teknologi itu di Liga Champions musim ini.

Sumber: Bola.net

Kembali ke Halaman Utama

Soccer Girls

Follow Bolashow

16,243 Fans Like
0 Subscribers +1
2FollowersFollow
4FollowersFollow
0SubscribersSubscribe

Adv.