Stan Kroenke Bakal Miliki Arsenal Sepenuhnya

0
267

London - Arsenal tak lama lagi akan dikuasai total oleh pengusaha Amerika Stan Kroenke. Ini setelah Alisher Usmanov melepas kepemilikan sahamnya di klub itu.

Usmanov dan Kroenke sama-sama mulai menanam saham di Arsenal pada 2007. Usmanov membeli sebesar 14,58 persen. Perlahan jumlah kepemilikan Usmanov yang merupakan jutawan asal Rusia itu meningkat hingga 30 persen pada Oktober 2013.

Sementara Kroenke langsung masuk dalam jajaran pemilik saham Arsenal karena membeli sekitar 29,99 persen saham saat itu juga. Jumlah itu meningkat drastis hingga 62,89 persen di tahun 2011 hingga saat ini.

Tapi, mulai musim 2018/2019, era baru Arsenal boleh dibilang dimulai. Selain tidak ada lagi Arsene Wenger di kursi manajer, kepemilikan klub sepenuhnya ada di tangan Kroenke. Ini setelah Kroenke melalui perusahaan Kroenke Sports and Entertainment membeli saham Usmanov senilai 600 juta pound sterling atau sekitar Rp 11 triliun.

Kabar ini sudah beredar luas di media-media Inggris dan langsung dikonfirmasi oleh Usmanov ketika pusat perdagangan saham London dibuka hari ini.

"Saya memutuskan menjual seluruh saham saya di Arsenal Football Club yang bakal membuat klub ini jadi yang terbaik di dunia," ujar Usmanov seperti dikutip FourFourTwo.

"Saya mendoakan yang terbaik untuk klub yang luar biasa ini bisa meraih kesuksesan dan juga untuk seluruh orang yang berkarier di dalamnya.

Meski demikian, langkah Kroenke mengambil alih klub secara penuh tak disetujui sepenuhnya terutama oleh Arsenal Supporter Trust yang langsung memprotes keras. Mereka tahu kalau Kroenke hanya akan menjadikan Arsenal sebagai mesin pengeruk uang tanpa memikirkan prestasi.

Wajar adanya mengingat Arsenal tak mampu menjuarai Liga Inggris sejak 2004 dan puncaknya dalam dua tahun terakhir gagal lolos ke Liga Champions. Klub kesulitan mendatangkan pemain top dan malah melepas penggawa terbaiknya.

Kini patut ditunggu seperti apa manuver Kroenke ke depannya setelah menguasai Arsenal sepenuhnya. Selain Arsenal, klub olahraga lain yang dimiliki Kroenke adalah Colorado Rapids (MLS), Los Angeles Rams (NFL), Denver Nuggets (NBA), dan Colorado Avalanche (NHL).

Sumber: Sport.detik.com

Kembali ke Halaman Utama

Soccer Girls

Follow Bolashow

16,243 Fans Like
0 Subscribers +1
2FollowersFollow
4FollowersFollow
0SubscribersSubscribe

Adv.