Arema FC Mengingikan Aturan Dalam Liga 1 2018 Dapat Dipatenkan

0
130

Malang - Pelatih Arema FC, Joko Susilo berharap pada musim baru nanti operator Liga Indonesia bisa konsisten menegakkan peraturan. Menurutnya, hal itu penting agar suasana tim peserta bisa kondusif sepanjang kompetisi.

"Kalau kemarin, terus terang regulasi yang kurang tepat menurut saya, karena selalu berganti. Harus pakai pemain U-23, harus ini itu.Terus kemudian tidak apa-apa (pakai pemain U-23, red). Jadi kacau," kata Joko saat dihubungi Liputan6.com, Jumat (9/2/2018).

Pada musim lalu, operator Liga 1 yakni PT. Liga Indonesia Baru (LIB) memang sempat mewajibkan setiap tim memakai pemain U-23. Hal ini dilakukan sesuai instruksi dari PSSI.

Peraturan tersebut diterapkan demi menunjang persiapan timnas Indonesia menghadap SEA Games 2017 dan Piala AFF U23. Namun di tengah musim, peraturan tersebut dihapuskan.

Lewat surat bernomor 155/LIB/VI/2017 bertanggal 29 Juni 2017, PT. LIB menangguhkan sementara implementasi aturan pemain U-23 di Liga 1. Pertimbangannya, karena pemain-pemain U23 untuk dua ajang tersebut telah didaftarkan.

Arema FC sendiri musim lalu memakai delapan pemain kategori U-23. Dua dari delapan pemain Arema FC tersebut yakni Bagas Adi dan Hanif Sjahbandi beberapa kali dipanggil timnas Indonesia.

Terkait pemain timnas U23, Joko mengusulkan agar pemain yang dipanggil timnas tak perlu dikembalikan dahulu ke klub. Itu agar klub dan pemain yang bersangkutan bisa fokus mempersiapkan diri.

Joko mengkawatirkan, jika sang pemain dikembalikan ke klub, hal itu akan mengganggu internal tim dan pemain itu sendiri. Pasalnya, pelatih belum tentu memainkan pemain yang bersangkutan di setiap pertandingan.

"Yang U-23 ke PSSI, fokus ke PSSI. Jangan dateng lagi balik lagi. Karena kita juga kan mau yang terbaik di timnas. Kalau dikembalikan, kita juga bingung, tidak dimainkan, tapi ini (pemain, red) timnas. Ini menjadi sedikit kurang pas," kata Joko.

Selain peraturan, Joko juga berharap operator bisa konsisten soal jadwal. Pria yang akrab disapa Gethuk ini menilai, jadwal yang pasti akan membuat pelatih nyaman mempersiapkan tim.

"Semoga jadwal itu tepat. Semua jadwal yang sudah disusun nanti dilaksanakan. Agar semua itu enak mempersiapkan," kata Joko.

"Kita hanya berharap jadwal itu tepat waktu dan konsisten. Kita percaya sama operator," ujar Joko menambahkan.

Sumber: Bola.Liputan6.com

Kembali ke Halaman Utama

Soccer Girls

Follow Bolashow

16,243 Fans Like
0 Subscribers +1
2FollowersFollow
4FollowersFollow
0SubscribersSubscribe

Adv.