Indra Sjafri Taklagi Melatih Untuk Timnas U-19

0
26

Jakarta – Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) mencopot jabatan Indra Sjafri sebagai pelatih Timnas U-19. Dia disodori jabatan baru.

Keputusan itu diumumkan oleh Sekretaris Jenderal PSSI, Ratu Tisha Destria, di Kantor PSSI, Selasa (20/11) di hadapan wartawan. Namun, kebersamaan Indra dengan PSSI masih berlanjut.

“PSSI menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada Indra Sjafri yang selama ini bekerja keras bersama Timnas U-19. Kami tetap akan bekerja sama dengan pelatih Indra di Federasi untuk membangun sepak bola nasional. Ini merupakan tugas dan tantangan yang jauh lebih besar,” kata Tisha.

Tisha pun menjelaskan rencana strategis PSSI menuju Piala Dunia 2034 meliputi lima pilar, yakni football development, organisasi, kompetisi, tim nasional, serta bisnis dan industri. Dari sisi football development, bakal melewati AFC U-19 2020 dan Youth World Cup 2021 dan Olimpiade 2024.

Sebelum menuju tugas baru, Indra Sjafri diminta untuk mengawal transisi Timnas U-19 dengan pelatih baru yang sedang disiapkan PSSI hingga Januari. Barulah setelah Februari, Indra Sjafri lebih fokus untuk membantu area football development untuk bersama-sama menjawab visi besar PSSI untuk Olimpiade 2024.

Indra Sjafri ditunjuk sebagai pelatih timnas U-19 pada pertengahan bulan Januari 2017 dengan kontrak kerja sampai Desember 2017. Indra sempat mengemban pekerjaan serupa dari tahun 2013 hingga 2014.Bersama Indra timnas U-19 menjuarai Piala AFF 2013 dengan mengalahkan Vietnam pada partai final.

Pada Piala AFF di September 2017 lalu, Indra Sjafri menempatkan timnas Indonesia di peringkat tiga. Indonesia gagal ke final setelah kalah adu penalti dari Thailand di babak semifinal.

Sementara, pada babak kualifikasi Piala Asia di Korea Selatan baru-baru ini, Indra Sjafri juga hanya bisa menempatkan Indonesia di peringkat tiga Grup F di bawah tuan rumah Korea Selatan dan Malaysia. Dari empat laga di grup F, Indonesia menang 5-0 atas Brunei Darussalam dan Timor Leste. Sementara, pada dua laga lainnya Indonesia kalah 0-4 dari Korea Selatan dan 1-4 dari Malaysia.

Comments

comments

NO COMMENTS